Sabtu, 09 Maret 2013

Cara Fresh Install Mountain Lion


Cara Fresh Install Mountain Lion

Mountain Lion Installation
Seiring dengan durasi penggunaannya, OS X di Mac kita akan semakin banyak aplikasi yang terpasang, file Preference lama yang sudah tidak pernah dipakai lagi, file system yang acak-cakan dan hal lainnya yang membuat Mac berjalan merangkak. Ada baiknya memulai sesuatu dengan fresh install supaya Mac berjalan lebih cepat.
Tidak perlu menggunakan DVD Snow Leopard untuk melakukan fresh install kemudian upgrade ke Mountain Lion. Kita bisa fresh install langsung menggunakan Mountain Lion dengan cara Boot ke USB, cara membuat installer Mountain Lion di DVD atau USB Disk sudah dibahas sebelumnya.
Inilah cara fresh install Mountain Lion:
1. Boot ke Mountain Lion installer, masuk ke Disk Utility. Untuk boot ke USB disk, tahan tombol Option setelah bunyi BOONG, kemudian pilih drive EFI Boot.
2. Format hard disk internal OS X dengan menggunakan opsi zero erase data, opsinya bisa diakses setelah tombol “Security Option” diklik. Zero erase memastikan semua isi hardisk di hapus secara penuh, tapi akan memakan waktu lebih lama daripada penghapusan biasa.
Disk Utility
3. Keluarlah dari Disk Utility dengan menekan Command Q.
4. Pilihlah Reinstall OS X di layar menu, untuk memulai fresh install Mountain Lion.
Reinstall OS X menu
5. Lanjutkan fresh install dengan mengikuti petunjuk di layar.

Cara diatas tidak hanya berlaku bagi Mountain Lion, tapi bisa juga dilakukan untuk OS X Lion.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.