Jumat, 01 Maret 2013

8 Fakta Menarik Mac OS X Mountain Lion

 
Mountain Lion (ist)
Jakarta - Apple baru saja memperkenalkan sistem operasi komputer Mac terbaru yang disebut sebagai OS X 10.8 Mountain Lion. Sistem operasi Singa Gunung ini adalah generasi penerus OS sebelumnya, OS X 10.7 Lion.

Tentunya ada beragam fitur baru yang digarap Apple di Mountain Lion. Berikut beberapa hal yang patut diketahui mengenai OS terbaru Apple tersebut, dikutip detikINET dari berbagai sumber:

1. Mountain Lion dirilis pertengahan 2012

Saat ini Mountain Lion baru sebatas dirilis untuk para developer. Sedangkan waktu peluncuran bagi konsumen rencananya pada pertengahan tahun 2012. Sama seperti OS sebelumnya, Mountain Lion akan tersedia untuk didownload melalui Mac App Store.

2. Mountain Lion terintegrasi dengan iCloud

Mountain Lion adalah OS pertama Apple yang terintegrasi iCloud. Mountain Lion dapat menggunakan Apple ID user untuk otomatis melakukan set up Contacs, Mail, Calendar, Messages, Facetime dan Find My Mac. Jika pengguna melakukan save dokumen di iCloud, revisi yang dilakukan di satu perangkat langsung tersedia di perangkat Apple lainnya.

3. Mountain Lion memakai layanan pesan 'Messages'


Messages atau yang di perangkat Apple lain disebut iMessages akan menggantikan iChat di Mac. Maka pengguna Mac dapat berkomunikasi satu sama lain dengan pengguna iPhone atau iPad. Bertukar pesan via Messages dapat dilakukan secara unlimited, termasuk mengirim foto, video HD dan attachment sampai sebesar 100MB.

4. Mountain Lion terintegrasi dengan iOS


Mountain Lion memiliki cukup banyak fitur yang sama dengan sistem operasi iOS. Seperti Reminders, Messages, Notes dan Game Center. Fitur Reminders dan Notes membantu pengguna menulis daftar tugas atau jadwal di seluruh perangkat Apple, karena semua sudah sync dengan iCloud. Sedangkan Game Center adalah platform gaming sosial sehingga pengguna Mac bisa main game bersama pengguna iPad atau iPhone.

5. Mountain Lion memiliki Notification Center


Notification Center di Mountain Lion mirip dengan yang terdapat di iOS. Fitur ini mengingatkan pengguna jika ada sesuatu yang baru dari fitur Mail, Calendar, Messages, Reminders, update sistem ataupun aplikasi dari pihak ketiga.

6. Mountain Lion punya fitur Share Sheets

Salah satu fitur baru di Mountain Lion adalah Share Sheets. Fitur ini ditujukan untuk memudahkan sharing link, foto dan video secara langsung dari Apple dan aplikasi pihak ketiga. Apple bekerja sama dengan Flickr untuk membagi foto dan Vimeo untuk video.

7. Mountain Lion dibekali AirPlay Mirroring

AirPlay Mirroring memungkinkan pengguna melakukan mirror atau menampilkan layar komputer Mac ke televisi layar besar secara wireless. Syaratnya, televisi harus punya perangkat Apple TV. Fitur ini sudah support tampilan definisi tinggi 720p.

8. Mountain Lion dipagari dengan Gatekeeper

Gatekeeper adalah software sekuriti baru untuk Mountain Lion. Di sini, pengguna dapat melakukan personalisasi setting sekuriti komputer Mac. Pengguna juga dapat mengatur sehingga komputer Mac hanya menerima software yang didownload dari Mac App Store.



Sumber  :  http://inet.detik.com/read/2012/02/20/104050/1846417/317/8-fakta-menarik-mac-os-x-mountain-lion

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.